Cara Mengatasinya Bluescreen dengan Mudah 2023

Cara Mengatasinya Blue Screen dengan Mudah – Pernahkah kamu mengalami Bluescreen  saat menggunakan laptop dan bersenang-senang? Mungkin sebagian dari pernah mengalaminya.

Dan sayangnya, kondisi ini sangat tidak menyenangkan dan salah satu yang ditakuti sebagian besar atau hampir semua pengguna Windows.

Ini bisa jadi karena panik dan tidak tahu mengapa Bluescreen  muncul dan bagaimana cara memperbaikinya. Untuk itu, kali ini kita akan belajar mengenai penyebab blue screen dan cara mengatasi blue screen yang mungkin bisa membantu nantinya.

Pengertian

Seseorang mungkin masih belum tahu apa arti Bluescreen. Jadi Bluescreen berarti Bluescreen. Dan biasanya disebut blue screen of the dead.

Kondisi ini merupakan notifikasi atau pemberitahuan dari sistem operasi yang digunakan, khususnya Windows. Ya, ada kesalahan dalam sistem dan tidak dapat diperbaiki. Sayangnya, kondisi ini biasanya terjadi secara tiba-tiba.

Kamu tidak pernah tahu kapan kondisi ini akan terjadi. Jadi ketika kamu mengerjakan sesuatu, itu mungkin tidak disimpan. Kecuali saat melakukannya di Google Docs, ya.

Penyebab Bluescreen

Lantas, apa sebenarnya penyebab blue screen pada laptop? Mungkin dari kalian ada yang penasaran? Berikut beberapa penyebab yang mungkin ingin diperhatikan dan cara mengatasinya. Penting untuk berhati-hati agar tidak panik saat mengalami kondisi ini.

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL(0X0000000A)

Jika melihat informasi ini di Bluescreen, kondisi ini disebabkan oleh ketidakcocokan antara driver perangkat keras yang diinstal di laptop kamu.

Lalu mungkin driver audio card tidak terpasang dengan benar atau tidak cocok dengan laptop yang digunakan karena masalah VGA card. Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus menginstal driver perangkat keras yang sesuai.

Coba uninstall lalu pasang kembali VGA card beserta audio cardnya. Instal dengan baik dan benar.

DATA_BUS_ERROR

Penyebab blue screen dan cara mengatasi blue screen sekunder adalah data_bus_error. Kondisi ini disebabkan oleh memori atau RAM penyimpanan yang rusak. Dan untuk memperbaikinya, harus mencoba memeriksanya. Jika benar-benar rusak, perlu mengganti ram dengan ram baru.

NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Jika uraiannya seperti item ketiga ini, penyebabnya ada di sistem file atau di partisi. Tapi itu tidak ada di bagian hard disk. Jadi bagaimana kita mengatasinya? Dapat memeriksa kabel SATA/IDE hard disk yang terpasang dengan benar, kemudian juga dapat memeriksa partisi.

BAD_POOL_CALLER

BAD_POOL_CALLER adalah penyebab Bluescreen yang disebabkan oleh instalasi OS. Dan biasanya ini hanya terjadi pada pengguna Windows XP. Solusinya adalah dengan terlebih dahulu memeriksa apakah kaset penginstal CD masih utuh, yaitu tidak rusak.

Kemudian dapat mencoba menginstal ulang laptop jika ternyata baik-baik saja. Periksa ulang apakah CD atau ISO Windows tidak rusak. Bagaimana jika tidak berhasil misalnya? Kerusakan mungkin ada di bagian hardware.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Jika mencari penjelasan UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F), penyebab blue screen pada laptop adalah suhu komputer yang terlalu panas, overclocking yang berlebihan, BIOS yang rusak, hingga prosesor yang rusak.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat mematikan laptop terlebih dahulu. Kemudian periksa apakah sistem pendingin laptop berfungsi dengan baik. Misalnya, jika ternyata bagian pendingin yang bermasalah, bisa ditambahkan komponen pendingin.

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Penyebab Bluescreen dan cara mengatasi Bluescreen adalah masalah yang disebabkan oleh jumper hard disk. Ini juga karena dapat membuat layar menjadi biru semua. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengecek kondisi kabel, membersihkan boot sector dari virus dan mereset jumper.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan pada hardware laptop. Khususnya memori prosesor, lalu memori RAM, hingga VGA. Dan tergantung pada masalahnya, dapat memperbaikinya.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Akhirnya karena error saat instalasi VGA. Jika ini adalah masalah atau penyebab Bluescreen laptop kamu, instal ulang driver VGA. Dan jangan lupa untuk memastikan driver sudah update driver.

Nah, cukup jelas bukan? Oke singkatnya cari tahu dulu apa penyebabnya. Maka kamu dapat dengan mudah mengatasi dan mengambil tindakan. Demikian penjelasan kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

500 Internal Server Error

Internal Server Error

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator at [email protected] to inform them of the time this error occurred, and the actions you performed just before this error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

slot pulsa