Hosting Situs Web – Panduan Mudah

Apa itu webhosting? Apa yang Anda dapatkan dengan membeli solusi web hosting? Agar jelas dari awal, beri tahu saya bagaimana semuanya bekerja.

Halaman web pada dasarnya terdiri dari teks dan gambar. Informasi yang terkandung dalam file-file ini biasanya disebut sebagai konten. Tampilan halaman web disebut desain.

Semua file ini harus disimpan di server web agar dapat diakses oleh pengguna online. Server web dapat dianggap sebagai komputer yang menyimpan file dari lusinan atau ratusan situs web. Semua komputer ini terhubung ke Internet melalui koneksi berkecepatan tinggi. Saat Anda mengakses halaman web, browser Anda terhubung ke server web yang menyimpan halaman dan mengunduhnya ke komputer Anda.

Jadi, jika Anda ingin berbagi konten situs web Anda dengan pengguna online melalui internet, server web sangat penting. Ada ribuan server web di seluruh dunia, dan ada perusahaan yang memilikinya. Perusahaan-perusahaan ini disebut penyedia web hosting.

Penyedia hosting web dapat memiliki lusinan server web yang menampung ribuan situs web. Komputer server web biasanya ditemukan dalam jumlah besar, dan semua komputer ditempatkan di gedung khusus atau bagian dari gedung yang disebut pusat data. Selain koneksi Internet berkecepatan tinggi, kami menetapkan lokasi ini untuk memastikan kondisi operasi dan keamanan yang optimal untuk server web kami. Kontrol pemanas, ventilasi dan pendingin udara (HVAC), perlindungan kebakaran, perlindungan virus, fasilitas cadangan data, cadangan daya, otonomi jika terjadi bencana. Istilah lain untuk web server di data center adalah web farm.

Agar situs dapat berjalan dengan baik, diperlukan ruang pada server web untuk menyimpan data dan koneksi internet ke dalamnya. Jumlah data yang tersedia di server web disebut ruang dan biasanya diukur dalam megabita. Koneksi internet yang diperlukan untuk mengakses situs web online disebut bandwidth dan juga diukur dalam megabyte atau gigabyte.
Sekilas tentang dasar-dasarnya, penyedia hosting web yang berbeda memiliki ruang dan bandwidth yang berbeda. Ruang dan bandwidth biasanya merupakan karakteristik utama dari paket hosting web.

Terminologi yang terkait dengan web hosting bisa sangat mencolok. Hosting Web Virtual, Hosting Khusus; Hosting lokasi bersama, hosting bersama, hosting pengecer.

Hosting web bersama

Hosting web bersama atau hosting web virtual adalah dua istilah untuk hal yang sama. Hosting web bersama berarti bahwa server web menghosting banyak situs web dengan ruang HDD dan kuota bandwidth yang ditentukan. Semuanya berjalan pada waktu yang sama dan Anda dapat memiliki ratusan hingga ribuan situs web di server web yang sama. Mengingat banyak situs web yang harus khawatir dengan kinerja server webnya, masalah yang lebih dikenal dengan respons server yang lambat berarti pengunjung harus menunggu terlalu lama untuk memuat halaman web.
Ini biasanya bukan masalah nyata ketika berhadapan dengan penyedia hosting web yang serius karena parameter operasi server web dipantau dan tindakan yang tepat diambil untuk mempertahankan tingkat layanan yang dikontrak.
Karena semakin banyak situs web berbagi sumber daya server web (ruang HDD, bandwidth, memori, waktu CPU), penyedia hosting web dapat menawarkan layanan mereka dengan biaya lebih rendah. Kelemahannya adalah bahkan dengan layanan tingkat tinggi, Anda harus menerima waktu respons server yang lambat saat memilih hosting web bersama.

Web Hosting Pengecer

Penyedia hosting web menyediakan layanan kepada pihak ketiga (pengecer yang akan menjadi penyedia hosting web), biasanya dengan diskon, yang terakhir menawarkan layanan hosting web dengan merek mereka. Sebenarnya, secara teknis, web hosting reseller sangat mirip dengan shared web hosting. Ini karena banyak situs web akhirnya berbagi ruang dan bandwidth di server web yang sama. Reseller biasanya adalah web designer atau web developer yang menyediakan layanan web hosting sebagai bagian dari layanan integrasi mereka. Penyedia hosting web menawarkan diskon yang signifikan kepada pengecer, sehingga harga yang dapat mereka tawarkan termasuk yang terendah di industri.
Sistem ini memiliki masalah dukungan teknis dibandingkan dengan shared web hosting. Ini dapat memakan waktu dan masalah komunikasi dapat muncul dalam perjalanan yang merepotkan dari pengecer ke penyedia hosting web. Kecuali situs Anda adalah situs pribadi atau non-komersial, masalah dukungan yang buruk ini tidak menjadikannya pilihan terbaik Anda.

Dengan pemikiran ini, bagaimana penyedia hosting web yang sebenarnya dapat memberi tahu pengecer mereka? Ini bukan desain situs web profesional dan tidak ada fasilitas kontak dukungan yang disediakan karena pengecer membuat kontrak dengan pemasok mereka untuk dukungan teknis dan orang yang menjawab panggilan dapat bekerja untuk pemasok dan mengidentifikasi dirinya sebagai karyawan pemasok tersebut. pengecer. Informasi perusahaan yang solid biasanya hanya tersedia untuk penyedia yang serius. Harga rendah kurang dari $5 per bulan adalah petunjuk lain, tetapi harus ditimbang dengan hati-hati karena harga turun di seluruh industri.

Hosting web khusus

Hosting web khusus menyewakan satu server web ke satu pelanggan. Meskipun ini adalah kepercayaan umum, penyedia hosting web biasanya berbagi satu komputer server web hingga tiga pelanggan. Di sisi lain, ada penyedia web hosting yang benar-benar menawarkan server web lengkap kepada pelanggan mereka. Bahkan jika tiga pelanggan berbagi server web, opsi hosting web khusus memberi pelanggan pilihan untuk meng-host lebih dari satu situs web, mengkonfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan situs, atau memperluas bandwidth yang tersedia.
Tingginya harga yang dikombinasikan dengan ketersediaan sumber daya membuat web hosting jenis ini direkomendasikan untuk situs web yang sangat penting seperti situs e-niaga.

Hosting Web Lokasi Bersama

Hosting web dengan lokasi bersama mirip dengan hosting web khusus. Perbedaan utama adalah bahwa dalam dedicated web hosting, komputer server web milik penyedia web hosting dan hanya disewa oleh pelanggan, sedangkan di web hosting co-located pelanggan memiliki komputer server web. Penyedia hosting web hanya meng-host komputer server web mereka dan menjual bandwidth kepada pelanggan mereka. Ini memberi pelanggan yang menggunakan hosting web co-lokasi kontrol penuh atas server web mereka yang dikombinasikan dengan keamanan pusat data.

Sekarang Anda harus memiliki informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan web hosting. Anda tidak boleh mencoba mencari harga serendah mungkin, tetapi pikirkan sedikit lebih banyak tentang kualitas layanan yang Anda beli dan dukungan yang ditawarkan penyedia host web Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ultrassh darkssh gitssh